Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas resume Pengantar Bisnis BAB 7 ( Pemasaran)

PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat pentingdalam dunia usaha. Kadang-kadang istilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah,seperti : penjualan, perdagangan, dan distribusi.

Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi. Selain pemasaran, kegiatan yang lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
- Produksi yang membuat barang-barang
- Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.
Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah yaitu :
- Faedah bentuk (form utility).
- Faedah Waktu (time utility)
- Faedah Tempat (place utility)
- Faedah Milik (ownership utility)
- Faedah Informasi

Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan bkebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu:
- Pendekatan serba fungsi (fungctional approach)
- Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
- Pendekatan serba barang (commodity approach)
- Pendekatan serba manajemen ( managerial approach)
- Pendekatan serba system (total system approach)

Pendekatan Serba Fungsi
Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantun g pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :

Penjualan
- Menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju.

- Pembelian
Fungsi pembalian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dalam perusahhan dengan harga,pelayanan dari penjualan dan kualitas produk tertentu.

- Pengangkutan
Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.

- Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.

- Pembelanjaan
Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.

Penanggungan Risiko
Penanggungan risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang. Tiap-tiap perusahaan menghadapi macam-macam risiko, antara lain :
- Risiko yang ditimbulkan oleh alam seperti: gempa bumi, banjir
- Risiko yang ditimbulkan oleh manusia seperti: kebakaran, pencurian
- Risiko yang ditimbulkan oleh pasar seperti: merosotnya harga penjualan.

-Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan yaitu :
- Pendekatan serba fungsi (functional approach)
- Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
- Pendekatan serba barang (commodity approach)
- Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
- Pendekatan serba sistem (total system approach)

Pendekatan Serba Fungsi
Adapun fungsi pokok pemasaran adalah : (1) penjualan, (2) pembelian, (3) pengangkutan, (4) penyimpanan, (5) pembelanjaan, (6) penanggungan risiko, (7) standardisasi dan grading, dan (8) pengumpulan informasi pasar.


Pendekatan Serba Lembaga
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran. Lembaga tersebut adalah :
- Penyedia bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen.
- Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi.
- Perantara pedagang, seperti : pedagang besar dan pengecer.
- Perantara agen, seperti : agen penunjang (perusahaan angkutan, perusahaan penyimpanan).
- Perusahaan saingan.
- Pembeli akhir.

Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan organisasi indusrti, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana berang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil. Jadi, pendekatan ini mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran.

Pendekatan Serba Sistem
Adapun definisi dari sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian yaitu :
- Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
- Sub bagian penjualan umum.


PASAR
Pengertian Pasar
Transaksi jual-beli yang terjadi dilakukan penjual dan pembeli. Kejadian ini berlangsung pada saat tertentu di tempat tertentu. Oleh karena itu kita akan menggunakan definisi pasar yang lebih luas (dikemukakan oleh W. J. Stanton) berikut ini :
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut dapatlah diketahui adanya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni :
- Oraang dengan segala keinginannya.
- Daya beli mereka.
- Kemauan untuk membelanjakan uangnya.

Macam-macam Pasar
Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke dalam 4 golongan, yakni :
- Pasar konsumen.
- Pasar industri.
- Pasar penjual.
- Pasar pemerintah.

Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar yaitu kegiatan membagi bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan satuan pasar yang bersifat homogen.
- Marketing Mix dan Produk
- pengertian marketing mix
marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
- Pengertian Barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna,harga, prestise perusahaan dan pengecer.
Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritan
-Barang tahan lama : Barang-barang yang dapat dipakai berkali-kali
Contoh ; pakaian, mesin tulis, kacamata dll.
- Barang tidak tahan lama : Barang yang hanya dapat dipaki sekali atau beberapa
kali saja, contoh ;sabun, makanan.
Jasa : Kegiatan, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Misalnya reparasi, jasa potong rambut dll
Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
Barang Konsumsi
- Barang Konvenien ( dimana mana ada ), misalkan rokok, sabun dll.
- Barang shopping harga lebih mahal )
- Barang spesial ( barang langka ) misalkan perhiasan, barang antik dll.
Barang industri
- Bahan Baku
- Komponen dan Barang setengah jadi
- Perlengkapan operasi
- InstalasiPeralatan ekstra
Siklus Kehidupan Barang ( Product Life Cycle )
- Tahap perkenalan
- Tahap pertumbuhan
- Tahap kedewasaan dan kejenuhan
- Tahap kemunduran
Merk ( suatu rancangan, simbol desaind dan nama )Brand adalah suatu nama, istilah simbol yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dar penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang yang dihasilkan oleh pesaing.
Penentuan Harga
Harga adalah sejumlah uang(ditambah beberapa barang bila mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.


Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
- Tingkat perekonomian
- Penawaran dan permintaan
- Elastisitas permintaan
- Persaingan
- Biaya
- Tujuan perusahaan
- Pengawasan pemerintah
Politik penetapan harga
- Penetapan harga psikologis
- Price lining
- Potongan harga
- Penetapan harga geografis

Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
Barang dapat digolongkan ke dalam dua golongan yaitu :
- Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan. Berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen, barang konsumsi dikelompokkan lagi menjadi 3 golongan yaitu :
- Barang konvenin
- Barang shopping
- Barang special
- Barang Industri

Barang industri adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi. Barang industri tersebut masih dapat dibedakan lagi menjadi 5 golongan sebagai berikut :
- Baahan baku
- Komponen dan barang setengah jadi
- Perlengkapan operasi
- Instalasi
- Perlatan ekstra



Siklus Kehidupan Barang (Product Life Cycle)
Seperti halnya manusia, barang juga memiliki siklus kehhidupan/umur (life cycle) yyang terdiri atas beberapa tahap sejak barang diperkenalkan sampai tidak lagi terdapat di pasaran; ini disebut sebagai siklus kehidupan barang. Tahap-tahap tersebut adalah :
- Tahap perkenalan
- Tahap pertumbuhan
- Tahap kedewasaan dan kejenuhan
- Tahap kemunduran

Personal Selling
Yaitu interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Proses Personal Selling
- Persiapan seblum penjualan
- Penentuan lokasi pembeli potensial
- Pendekatan pendahuluan
- Melakukan penjualan
- Pelayanan sesudah penjualan










Jenis tugas penjualan dan salesman
- Trade selling dan merchandising salesman
- Missionary selling dan detailman
- Technical selling dan sales enginer
- New bussines selling dan pioneer product salesman

Merk
Istilah merk atau brand mempunyai pengertian yang luas, dan dapat ddidefinisikan sebagai berikut :
Brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau desain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.



Nama : Theresia Rosiana Putri
Kelas : 1 EB 17
NPM : 26210875

Tidak ada komentar:

Posting Komentar