Rabu, 01 Mei 2013

Berawal dari kebiasaan terlintas ide untuk membuat "KRUSTYCRAB RESTO"

"KRUSTYCRAB RESTO" 

Ide ini berawal dari saya menyukai kerang dan kepiting. Sudah beberapa restoran besar dan kaki lima saya singgahi, bahkan abang-abang kepiting rebus yang biasa kita temui dipinggir jalan itu termasuk favorit saya. Ceritanya pas saya makan kepiting rebus yang diabang-abang yang hanya beralaskan tiker berkonsep lesehan alakadarnya, dengan suara hingar-bingar kendaraan. Pengunjungnya ramai sekali, bahkan sampai ada yang makan di motor dan mobil-mereka masing-masing. Terpintas dibenak saya, kenapa gak coba usaha seperti ini namun dikembangkan lagi. Melihat animo pengunjung yang cukup ramai. Dari sinilah terlihat peluang bisnis yang menurut saya cukup menjanjikan. Kenapa gak dicoba dulu? masalah berhasil atau tidaknya itu masalah nanti, yang penting kita sudah usaha :) 
Dari kasus yang ada  saya mempunyai ide untuk membuat
"KRUSTYCRAB RESTO" (nama terinspirasi dari salah satu nama restoran yang ada di cartoon sponbob :p ).Restoran dengan harga kaki lima. Konsepnya lesehan, karna dengan lesehan terbukti dapat mencairkan suasana menjadi lebih akrab dengan desain bambu-bambu desa, di sekitarnya ada pepohonan dan tanaman yang rindang disertai dengan kolam ikan dan suara gemericik air. Suasana seperti itu membuat tingkat stress berkurang dan membuat hati menjadi sejuk dan lebih tenang.Tidak menggunakan pendingin ruangan, kita memakai udara alami. Di lain tempat kita juga menyediakan ruang smoking area, karna menurut penelitian sebagian besar cowok rata-rata sehabis mereka makan, tidak enak rasanya kalau tidak merokok, ini namanya memahami konsumen. Berdasarkan pengalaman saya saart makan di restoran, terkadang menunggu makanan siap di meja makan itu lumayan lama. Untuk membedakan dengan tempat yang lain, saya berinisiatif menyediakan permainan tradisional seperti congklak, kartu quartet, logo, biji saga, dll yang masih bisa dimainkan di atas meja. Sediakan juga berbagai macam menu makanan dengan nama yang menarik (menurut penelitian dengan memberi menu makanan yang menarik, membuat daya penasaran orang untuk mencobanya loh). dan sediakan juga menu paket hemat. di sinilah kita memahami konsumen. (buat pelajar dan mahasiswa kebanyakan, termasuk saya. yang suka mengambil paket hemat. hehe :p) dan pastikan menu yang ditawarkan saat itu juga ada, jangan mengecewakan pelanggan. dan ada ide lagi nih, buat kenang-kenagan pengunjung dapat free foto di tempat (yaa 1X aja cukup) hehe p (diperhitungkan juga yaa tapi, kita bilang free foto (permainan pasar) tetapi sebenarnya secara tidak langsung pengujung membayarnya). Untuk pesan antar juga kita sediakan. Yaa itu lah sedikit ide dari saya, kalo saya ada modal yang cukup Insyallah saya jalankan :) #Amin.
Oia, ada yang harus diperhatikan saat buka bisnis baru. yaa menurut saya itu seperti di bawah ini :
- Tonjolkan menu utama yang paling yahuuuuuuudd
- Tempatnya bersih, rapi dan wangi
- Pelayanan yang maximal (murah senyum, ramah, sopan). karna pelayanan termasuk mempengaruhi keadaan resto loh.
- Kecepatan, ketepatan dan disiplin dalam bekerja
- Berani menerima tantangan
- Berani menerima kegagalan dan terus mencobanya lagi :)
- Kompak dengan team
- Kreatif
- Mau menerima kritik dan saran.


@teregabriella


Tidak ada komentar:

Posting Komentar